
Imam Abi Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, seorang tokoh ulama yang namanya tak pernah lekang oleh zaman, dikenal melalui karyanya yang monumental, “Ihya Ulum al-Din.” Dalam kitab tersebut, terdapat antara 6.000 hingga 7.000 hadis yang menjadi sumber kebijaksanaan dan pedoman spiritual bagi banyak orang.
Namun, seperti halnya karya besar lainnya, “Ihya” juga tak luput dari kritik. Khususnya dari kalangan Wahabi yang menilai bahwa kitab tersebut penuh dengan dalil yang dipertanyakan keasliannya. Berbagai klaim bahwa seluruh hadist dalam isi kitab itu dhoif, dan sebagainya, menjadi bahan perdebatan dan viral di kalangan pecinta ilmu.
Namun, di tengah-tengah keriuhan itu, ada satu ulama yang diam-diam melakukan kajian yang mendalam. Seorang ahli hadis yang bijaksana, dengan telatenya, mengumpulkan murid-muridnya untuk membuka kitab “Ihya” dari belakang hingga ke depan. Tujuannya sederhana: memeriksa keaslian riwayat-riwayat hadis yang terdapat di dalamnya.
Selama bertahun-tahun, satu per satu hadis diselidiki, perawinya dicari, dan keabsahannya diuji. Dan setelah perjalanan panjang itu, hasilnya mengejutkan: dari 7.000 hadis yang tercatat, hampir seluruhnya, sekitar 6.980, terbukti sahih! Hanya tersisa sedikit, belasan, yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
Yang menarik dari kisah ini adalah sikap adab yang ditunjukkan oleh ulama tersebut. Meskipun menemukan kebenaran bahwa sebagian besar hadis dalam “Ihya” adalah sahih, beliau tidak serta-merta menghukum dengan tuduhan bahwa yang tersisa adalah dhoif. Sebaliknya, dengan rendah hati, beliau mengatakan bahwa masih dalam proses pencarian, masih diupayakan untuk menemukan kejelasannya.
Pesan yang dapat dipetik dari kisah ini adalah pentingnya adab dalam menilai karya keilmuan. Kritik yang membangun, penelitian yang mendalam, dan sikap rendah hati dalam mengemukakan pendapat merupakan bagian integral dari perjalanan ilmiah yang benar. Sebab, hanya dengan adab itulah, kita bisa mencapai pemahaman yang lebih mendalam dan kebenaran yang lebih kokoh. _askamedia_